Jumat, 11 September 2009

Penyuluhan Rekan Sebaya (PRS) di Kelas Akselerasi

Yup… Aku tadi habis memberikan penyuluhan kepada teman-temanku di kelas. Hehehe… Ceile… Gimana ya… penyuluhan yang dibilang tak tepat dilakukan di bulan Ramadhan sih gag juga tapi dibilang tepat juga gag. Lha Trus apa dong? Aku kurang tau tentang tepat waktunya atau tidak. Tapi aku merasa perlu banget memberikan penyuluhan itu. Karena ternyata masih banyak temanku yang belum mengerti tentang tema penyuluhan tersebut (Temanya ntar aja ya disebutin. Masih secret. Ahahaha…). Aku sangat miris melihat kenyataan tersebut. Bayangkan aja, mereka tuh udah pada banyak yang mau 17 tahun dan juga tahun depan mau lulus pula (Buat kelas akselerasi emang lulusnya taun depan, 2010.). Tapi aku bisa maklumlah, kebanyakan temanku itu yang pada belum tahu anak cewek sih. Mungkin mereka punya anggapan bahwa hal yang “Satu Ini” dianggap tabu banget. Ahh…

Jadi gini nih ceritanya (flash back ceritanya…). Tadi tuh waktu pelajarannya Nyonya Etty Tjahja lagi kosong, anak-anak cewek pada bikin forum. Lha kok buat forumnya di dekat bangku tempat dudukku. Dan aku sendiri lagi belajar (belajar tentang PMR. Buat persiapan lomba di Unair. Beh… bahannya banyak banget). Gag mungkin lah dan gag mau kalau aku harus disuruh pindah tempat dikarenakan mereka takut pembicaraannya terdengar olehku. Aku pada mulanya juga di suruh pindah tempat, tapi tak maul ah aku.

Meskipun aku lagi belajar, ya pasti lah kuping indahku ini mendengar yang namanya pembicaraan tadi. Busyet dah… Mereka lagi bicarain masalah cewek gitu. Mulai dari A-Z yang dialami cewek untuk menuju ke kedewasaan. Bukan semua hal tentang cewek saja, tentang cowok juga mereka bicakan. Tapi ada beberapa pembicaraan mereka yang membuat aku mengelus dada untuk beberapa saat. Fyuuhh… Ada beberapa pembicaraan mereka yang gag bener konsepnya. Mungkin mereka ya kurang baca-baca itu tadi.

Mereka tuh tahu kalau aku pasti tahu masalah yang sedang mereka bicarakan dan aku pasti bisa jawab kalau mereka tanya itu masalah padaku. Dikarenakan aku seorang anggota PMR di sekolahku, aku pasti banyak baca lah masalah “Itu”. Ehm…Ehm… ^_^

Satu per satu pertanyaan mereka aku jawab. Tapi aku sedikit agag beban dalam menjelaskannya. Ada beberapa hal, yaitu: sekarang lagi bulan Ramadhan (takut kalau pahalanya berkurang sih. Hihihi…), mereka yang di forum itu banyak ceweknya (mereka kalau dijelaskan secara nyata pasti bakalan illfeel deh dan bilang satu kata mujarab, IYEK…), trus aku juga was-was kalau keceplosan ngejelasin di luar batas pikiran mereka.

Setelah pembicaraan berselang beberapa saat dan berlangsung seru, satu per satu temanku ikut nimbrung. Jadi anggota forum waktu itu adalah, cewek (EFRIN, SISCHA, INDAH, RISMA, TIARA, dan PIPIT) dan cowok (YUDA, DONI, YAYAN). Wuih… Aku salut banget sama mereka. Mereka tuh mau dan ingin tahu lebih dalam tentang “Masalah Itu”. Soalnya hanya sedikit orang yang mau membicarakan “Masalah Itu”. Biasalah pikiran orang pasti menganggap hal yang kami bicarakan itu gag pantas buat dibicarakan. Tapi hal itu amat sangat penting bagi kita para generasi muda yang beranjak remaja dan sedang mencari jati diri agar tidak salah pergaulan dan masuk ke tempat yang salah alias tersesat. Masalah yang kami bicarakan dalam forum tadi adalah masalah “Kesehatan Alat Reproduksi, Cara Menjaga, dan Merawatnya” serta semua hal yang berhubungan dengan tema tersebut. Yang ingin aku ingatkan di sini adalah, “Jangan berpikiran negatif tentang kita”. Okeh…

Tidak ada komentar: